You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pengiriman Sampah ke TPST Bantar Gebang Belum Normal
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Pengiriman Sampah ke TPST Bantar Gebang Belum Normal

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku, pengiriman sampah ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang hingga saat ini belum normal.

Sekarang mereka maksa hanya boleh satu kali pengiriman. Ya kami ikutin saja

Apalagi, kata Basuki, sekarang ada pembatasan waktu untuk pengiriman, dari semula diperbolehkan sampai tiga kali menjadi hanya satu kali.

"Sekarang belum normal pengirimannya. Sekarang mereka maksa hanya boleh satu kali pengiriman. Ya kami ikutin saja," kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (5/11).

8 Truk Sampah Tunggu Giliran ke Bantargebang

Menurut Basuki penolakan ini, terjadi lantaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berenacana memutus kontrak PT Godang Tua Jaya (GTJ) selaku pengelola PTSP Bantargebang.

"Ini terjadi begitu kami mau batalin Godang Tua Jaya, mobil swasta pun nggak boleh tiga kali kirim, hanya sekali saja. Kok dulu nggak pernah ditangkap bertahun-tahun," ujarnya.

Diungkapkan Basuki, kejadian serupa pernah terjadi saat, Pemprov DKI Jakarta ingin mengambil alih pembersihan sungai. Sebelumnya untuk membersihkan sungai dilakukan oleh swasta yang menyewakan alat berat kepada Dinas Pekerjaan Umum. Namun tetap saja sampah menumpuk di dalam sungai.

"Dulu ngangkat sampah dari sungai di Manggarai dan semua pintu air itu anggaran Rp 400 miliar setahun. Bulan Oktober sudah habis duitnya minta lagi Rp 200 miliar lagi, berarti total hampir Rp 600 miliar. Saya coret akhir Oktober 2012," kata Basuki.

Akibat mencoret anggaran tersebut, Basuki mendapat peringatan bila Jakarta akan penuh dengan sampah. Namun saat ini terbukti, sungai-sungai yang ada di Jakarta jauh lebih bersih, ketimbang saat dikelola oleh swasta.

"Ada yang bilang kalau dicoret anggarannya sampah dimana-mana, biarin saya bilang, buktinya bisa atasi kok," tandas Basuki.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1231 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1169 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1166 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1135 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1063 personNurito